Mari Berkenalan dengan Pepaya Callina / IPB – 9

 In buah tropika, pepaya

Pepaya merupakan buah loKal yang merakyat. Buah pepaya dahulu berukuran besar, pada masa itu pepaya belum dianggap elite dan hanya terhidang di sudut sudut meja makan di rumah. Saat ini, buah pepaya sudah sangat marak berjejer, berderet di pusat pusat perbelanjaan atau supermarket, duduk sejajar dengan buah impor. Harganyapun tidak main-main, bisa mencapai 8000 per kilogram. Buah yang kami maksud adalah Pepaya Callina.
Sekilas terdengar seperti buah impor, namun pepaya jenis tersebut adalah sebuah varietas baru buah tropika mahakarya anak bangsa, ditelurkan oleh departemen Agronomi dan Hortikultura IPB, varietas ini memiliki nama Callina IPB-9. Pepaya jenis ini tengah menjadi idola di pasaran, di sisi lain pasokan buahnya masih sangat sempit. Permintaan ekspor pun terus berdatangan.  Benar benar peluang yang sangat besar di bidang agribisnis khususnya

pada  pembudidayaan pepaya Callina ini.
Keunggulan dari tanaman pepaya jenis ini adalah  ukuran tanaman yang relative kerdil. Dan umur panen yang singkat. Di usia 7-8 bulan pepaya ini sudah bisa dipanen untuk kali pertama. Dan setelah itu setiap 5-7 hari sekali tanaman ini bisa menghasilkan 1-2 buah per pohon dengan bobot 0.8 – 1,5 kg per buah. Tinggal kita hitung pundi pundi rupiah yang bisa didulang setiap 5-7 hari sekali dari budidaya pepaya. Masa panen yang singkat dan masa produktif pohon yang relative lama yaitu 3 tahun, membuat kami Negeri Hijau memulainya lebih dulu untuk budidaya tanaman ini. dengan semangat memajukan negeri melalui buah tropika, Negeri Hijau menggandeng seluruh lapisan masyarakat yang cinta pertanian maupun tidak untuk bersama sama menggali potensi negeri di jalur Agribisnis khususnya dalam hal ini adalah budidaya pepaya Callina.
Taksonomi Tanaman Pepaya
Kingdom    : Plantae (Tumbuhan)
Division    : Spermatophyte (Menghasilkan Biji)
Class        : Magnoliopsida (Dikotil)
Ordo        : Violales
Family        : Caricaeae
Genus        : Carica
Spesies        : Cariaca Papaya L.

Pepaya Calina – IPB9 ini sebenarnya adalah hasil pemuliaan tanaman dari PKBT (Pusat kajian Buah Tropika) IPB – Bogor, Pepaya ini berbentuk lonjong dengan berat rata rata 1,3 kg per buah membuat pepaya ini kian diminati karena dalam penyajianya dapat sekali saji dan habis. Sedangkan jenis lain dengan berat rata rata 2,5 kg sangat kurang efisien untuk keluarga kecil, dan harus menyimpanya kembali di lemari es. Bahkan banyak diantaranya yang tidak termakan.
Tanaman pepaya ini mempunyai cirri-ciri daunya berjari banyak dan dan memiliki kuncung di permukaan pangkalnya. Buahnya berkulit tebal dan permukaanya rata, daging tebal kenyal dan manis. Daging buah berwarna jingga dan kemerahan dengan kadar kemanisan 10 – 11 brix. Tanaman ini berbunga pada umur 3-4 bulan setelah pindah tanam tergantung perawatan. Dan dapat dipetik buahnya untuk kali pertana sekitar 140 hari setelah berbunga. Ciri khusus tanaman ini adalah terdapat daun bendera yang berdiri di pangkal helai daun. Hebatnya lagi buah ini ukuranya seragam.

Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.