LIPUTAN SUKSES BUDIDAYA PEPAYA JITUNEWS.COM, DI KEBUN CALLINA NEGERI HIJAU CLUSTER LAMONGAN

 In Liputan

TUBAN, NEGERI HIJAU– Permintaan akan buah Pepaya California, khususnya di kota-kota besar dan supermarket saat ini terbuka lebar, demikian diungkap Yoppi Isnawan, penyuluh pertanian di Tuban, Jawa Timur, yang dilansir dalam laman Kementerian Pertanian.

Pepaya California, ungkap Isnawan, memiliki peluang pasar yang bagus karena ketersediaan akan buah ini relatif terbatas selain belum banyak dikenal, juga belum dikembangkan oleh petani secara luas.

“Pepaya ini sangat baik untuk kesehatan karena mengandung Vitamin C, Vitamin B1, B2, Kalsium, Fospor, Kalium dan Betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, bahwa pepaya jenis ini memiliki ukuran antara 0,8 – 2 kg per buah, berkulit tebal, berbentuk lonjong, berwarna kuning jika matang, manis, daging buah kenyal dan tebal.”Pepaya California termasuk jenis unggul dan berumur genjah, batangnya lebih pendek dibanding jenis pepaya lain,” katanya.

Pohon pepaya ini dapat mencapai 2 meter dan sudah bisa dipanen setelah berumur 7 hingga 9 bulan, sehingga petani dalam satu bulan dapat memanen sebanyak empat kali.

“Sekali panen, setiap pohon Pepaya California dapat menghasilkan 10 hingga 20 buah, dengan sekali panen setiap minggu maka bisa mencapai 2 ton per hektar,” pungkasnya.

Recommended Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.