Pepaya Callina IPB-9, Benarkah dari IPB atau Amerika?

 In pepaya

Dahulu, orang lebih menyukai buah pepaya yang berukuran besar. Buah ini pada masa itu belum dianggap elite, hanya terhidang di sudut-sudut meja makan di rumah. Saat ini, buah pepaya sudah sangat marak berjejer, berderet di pusat-pusat perbelanjaan atau supermarket, duduk sejajar dengan buah-buah impor. Harganya pun tidak main-main, Rp8000,- setiap kilonya. Buah pepaya pakah itu? Ya, pepaya Callina.

Ketika mendengar nama buah ini, jangan dianggap sebagai buah impor. Buah ini sesungguhnya memiliki nama calina (IPB-9), hasil penelitian dari Departemen Agronomi dan Holtikultura-Faperta IPB. Pepaya ini kini tengah menjadi jawara di pasaran. Namun, pasokan buah ini masih minim.

Di Indonesia, persebaran perkebunan ini masih sangat sempit. Oleh karena itu, masih ada peluang besar untuk terjun di bidang agribisnis pepaya Callina.
Selain sistem budidayanya mudah, pepaya ini juga memiliki masa panen yang cepat dan mempunyai usia produktif yang lama, yaitu 3 tahun. Jadi, selama kurang lebih 8 bulan, nilai modal Anda sudah kembali. Akan tetapi, panen akan masih Anda nikmati berkali-kali.
Apakah Anda tertantang? Baca artikel pepaya di website ini. Solusi cepat kaya akan Anda peroleh melalui agrobisnis pepaya Callina ini.

 

Sumber artikel dari  media nasioal
dengan sedikit penyesuaian oleh Admin X.
Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.