Tiga Varietas Pepaya Ini Paling Unggul di Indonesia

 In pepaya

Jenis tanaman pepaya banyak macamnya, sedangkan untuk pengembangan agrobisnis hanya jenis tertentu yang bisa untuk pengembangan, untuk itu diperlukan hanya memilih tanaman pepaya jenis tertentu dan tentunya bisa dijual dengan penghasilan terbaik. Jenis pepaya yang  sudah ada di negara kita : jingga, thailand / bangkok, calina / california,   orange lady, hawai, red lady, dan masih ada jenis lainnya.

untuk ulasan berbagai jenis varietas pepaya tersebut, kami jabarkan di bawah ini :

Pepaya bangkok dari tahun 1980an sudah ada dan jual-belikan hingga sekarang. Sebelumnya namanya bukan pepaya bangkok namun terkenal dengan pepaya jingga. Berkisar tahun 1995an pepaya jingga ini sudah kurang laku lagi dikarenakan genetika benih sudah banyak perubahan. Warna dagingnya sudah kurang merah dan jika pepaya sudah masak dagingnya lembek.

Pepaya bangkok sudah populer dan banyak dijumpai di jual belikan di negara Indonesia dari dahulu hingga sekarang. Para pengusaha toko buah, supermarket, kettering, pasar tradisional, dan para pemakai buah pepaya untuk keperluan masing-masing selalu menyediakan jenis ini. Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pangsa pasar benih ini sangat di butuhkan untuk pengembangan tanaman agrobisnis.

  • Benih didapat dari genetika unggul.
  • Pembuatan benih mengikuti tata cara standar sertifikasi.
  • Pengolahan dengan tenaga ahli yang terpercaya.
  • Benihnya berbentuk butiran lonjong bergerigi lembut.
  • Mudah tumbuh dan cocok ditanam di dataran dari permukaan laut (dpl ) 50m hingga 800m.
  • Ideal di tanam dalam jarak tanam 2 m x 2.5 m.
  • Pertumbuhan genjah dan cepat berbuah.
  • Tahan hama dan penyakit.
  • Umur panen berkisar 180 hari ( sekitar 6 bulan) setelah bunga mekar.
  • Usia produktif pepaya sehat bisa hingga 3 tahun.
  • Tahan terhadap pengangkutan jarak jauh.
  • Persentase buah kisaran : hermaprodit 70 % betina 30% jantan 0.01%.
  • Ukuran buah edial kisaran 1 kg hingga 2.5 kg.
  • pepaya tua / masak daging berwarna merah cerah.
  • Tingkat kemanisan berkisar 12°brix
  • Demikian beberapa keterangan benih pepaya bangkok produk agro buah.

INFO : Mengenai benih ini bisa didapat dalam bentuk / dikemas menggunakan packing aluminium foil sehingga terjaga kualitasnya aman terkena air, tidak mudah terkena bakteri yang bisa merusak kualitas benih.

Untuk cara pemesanan benih pepaya bangkok silahkan klik di sini

Benih atau bibit  pepaya california orange lady adalah  varietas unggulan di Indonesia. Bibit pepaya california orange lady cocok dikembangkan di daerah indonesia pada ketinggian dari permukaan laut / dpl 50 m hingga 800m. Varietas ini datang dari negara seberang yaitu dari negara taiwan.

Benih pepaya california orange lady muncul di negara indonesia sekitar tahun 2007 hingga sekarang. Banyak petani Indonesia sudah menggunakan. Agro Buah juga sudah mengujinya dan mengembangkan di beberapa tempat untuk memenuhi permintaan pangsa pasar kami.

Pada dekade akhir-akhir ini benih pepaya california orange lady banyak dicari para petani pepaya yang sudah pernah menanamnya menurut mereka dan kami sendiri juga mengujinya ribuan tanaman pepaya orange lady buahnya mantap lebih besar ukurannya dibanding pepaya california dari IPB 9.

Tanaman pepaya california ipb9 perkembangan di negara Indonesia sudah populer dan di gemari masyarakat Indonesia, para pelalu penyedia layanan buah segar  seperti pasar swalayan, supermarket,  toko buah dan pasar tradisional sebagian sudah banyak yang menyediakan. Untuk memenuhi permintaan pasar diperlukannya secara kontinyu keberadaan tanaman pepaya ini.

Bagi anda yang ingin mengembangkan tanaman pepaya california IPB9 sebaiknya mengetahui dulu jenis pepaya yang akan di kembangkan. berikut di bawah ini deskripsi dan karakter buah nya :

Benihnya butiran berbentuk lonjong lebih kecil dibanding benih pepaya bangkok. Jika di semai daunnya pun ada perbedaannya warnanya kehijauan muda dan umur di bawah 7 bulan ujung daun sebagian ada kuncirnya yang menjulang pendek di atas daun. orang bilang daunnya ada antenanya.

Batang  beruas pendek dan berpelepah seperti daun pepaya lainnya.

Setelah usia sekitar 3 bulan mulai bermunculan bunga banyak. pertangkai  banyak bermunculan bunga dua jenis yaitu bunga  tidak bisa berbuah (kembang paes) dan bunga  bisa berbuah.

Kemampuan berbuah lebat.  Jika di biarkan semua berbuah perpohon bisa sampai 30 hingga 50 biji. Maka harus dilakukan sortasi atau  penjarangan, supaya berbuah yang seperti kita harapkan.

Warna kulit luar hijau cerah jika buah menjelang masak warna kekuningan mulai muncul di sekitar tangkai.

Warna daging dalamnya merah cerah berlobang berbintang lima seperti gambar di bawah ini.

Rasanya manis. Pengolahan tanpa tambahan pupuk pemanis bisa mencapai brik berkisat 10, jika di olah dengan pupuk pemanis bisa mencapai brik 14 manis lezat dan kesat.

Daya tahan buah jika di simpan tanpa di bantu pengawet bisa bertahan hingga 5 hari.

 

sumber: kompasiana.com
Recent Posts

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text.